Minggu, 08 April 2012

TIPS TIPS PENTING

TIPS MEMILIH GITAR LISTRIK



Gitar elektrik/listrik:

warna: tinggal pilih aja sesuai selera kamu, yang jelas catnya harus bagus, tidak mudah mengelupas atau kena gores

bentuk: tinggal pilih, standar, sirip, atau bentuk lain, cocokkan dengan seleramu

fret: jumlah fret disesuaikan saja, bisa 21,24 atau ditambah lagi seperti punya brian may, he he he. Tinggal nada tertinggi yang ingin dijangkau saja. Cobalah nada tiap fret dengan memetik gitar, jangan sampai keliru, biasanya ada gitar yang jelek, sehingga ada 2 fret menghasilkan satu nada, atau nadanya sumbang(fals)

senar: untuk gitar elektrik senarnya adalah steel string, bukan dari nylon. Pilih yang kuat, tidak mudah putus, lentur kalo bisa jangan sampai bikin jari sakit, atau mudah lepas selubung senarnya(biasanya pada senar E besar/senar no 6 dan senar A/senar no 5)

bahan: pilih kayu mahoni, jati(teak), yang cukup kuat, biasanya yang berat adalah yang baik, tapi kalo terlalu berat juga ga asyik juga kalo naik panggung.

neck: pilih gitar yang neck-nya kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Biasanya didalam neck gitar ada plat logam untuk kekuatan necknya.

pickups: gunakan pickup yang suaranya keras,jernih, tidak mudah pecah ketika digeber dalam volume maksimal , pengaturan volume dan tone-nya bagus, tidak mudah kemresek(kemresek jika diinginkan saja) sehingga merusak nada.

pemutar senar(tuning machines) dan headstock: untuk pemutar senar gunakan yang tahan karat. Head bisa menghadap ke atas atau kebawah dan juga bisa sama-sama(3 senar menghadap atas, 3 senar menghadap bawah, tinggal bentuknya). Perhatikan posisi senarnya pada head: carilah posisi untuk senar E tinggi(senar no 1) apakah yang terjauh atau tidak diukur dari bridgenya, carilah yang terdekat saja karena senar E tinggi mudah putus (he he he tapi biasanya headnya menghadap ke atas)

saklar: pilih yang didepan saja, enak ngaturnya. Biasanya kadang pentolan saklarnya ada yang gampang lepas, cari yang kuat. Perpindahan suara, hidup mati(on-off) yang diatur lewat saklarnya juga jelas.

jack: untuk jack kabel ke ampli lebih asyik kalo di pinggir saja daripada didepan, karena kalo didepan menghalangi tangan untuk bebas bergerak mengatur handle bridge.

TIPS MENCIPTAKAN LAGU SENDIRI

artikel ini saya posting dari blog suarock yang menurut saya bisa membantu rekan2 pemusik di sumedang 

Dari pengalaman sih,gak ada yang spesifik dari menciptakan lagu karena pada umumnya cari nada yang enak buat kita trus bikinin lirik yang pas buat nada itu,
Untuk lebih jelasnya awalnya lo mesti tau rantai kunci atau jembatan kord atau apalah namanya itu,trus sesudah itu lo mainin sambil buat nada-nada sendiri dengan bersenandung,ingat jangan ngejiplak lagu lain!!( biasanya bagian ini yang paling sulit karena efek-efek dari lagu-lagu yang sering kita denger akan terbawa di memori otak kita sehingga dalam mencari-cari nada original,namun jika lo sukses dalam bagian ini akan terbentuk jenis permainan lo sendiri, biasanya di sebut gaya permainan) .kemudian setelah lo dapat semuanya, sekarang tinggal cari lirik-lirik yang pas dan enak di dengar,jenis lirik ada banyak,ada yang berbentuk puisi(seperti lagu2 letto),berbentuk simple dengan pengulangan berkali-kali(seperti lagu lupa2 ingat,n racun dunia),dan ada juga lirik2 yang nyeleneh(seperti lirik2 di lagu2 jamrud dulu),perlu di ingat pula lirik berpengaruh besar dalam menentukan aliran musik lo,.setelah semuanya rampung,boleh di kata lo sudah punya lagu sederhana,namun jika lo masih ingin perbagus lagi, lo mesti cari melodi/solo alat musik yang lo kehendakin( pada umumnya melodi menggunakan gitar listrik),bagian ini sebenarnya agak susah jika lo lakuin sendiri,jadi untuk hasil maksimal lo mesti memanggil teman buat bawain rithemnya lagu lo ,n lo sendiri yang cari melodinya.

Tips Musik: Belajar Gitar & Bass untuk Pemula

Belajar bermain gitar awalnya memang sulit dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya.
Untuk belajar bass sebaiknya anda belajar gitar terlebih dahulu, karea orang yang dapat bermain gitar otomatis bisa bermain bass, namun jika anda bisa bermain bass tidak otomatis bisa gitar. Kunci dan nada pada bass gitar tidak jauh berbeda pada gitar, sehingga ada baiknya jika anda belajar kunci dasar gitar dahulu. Selain itu anda bisa menghemat uang, karena tidak perlu membeli bass, tetapi cukup gitar kopong yang murah saja sudah cukup.
Untuk bermain gitar anda harus siap merasa agak sakit pada ujung jari kiri anda, karena akan digunakan untuk menekan senar untuk membuat formasi kunci gitar. Terkadang harus membuat ujung jari kita menjadi kapalan maupun melendung baik jari di tangan kiri maupun kanan. Untuk mendapatkan sesuatu anda memang harus mengorbankan sesuatu, itu adalah hukum kimia dan ekonomi yang wajar dan normal.
Jika anda berencana untuk kursus sebaiknya anda jangan ikut kursus sebelum menguasai tehnik dasar tempo lagu, kunci dasar gitar dan kocokan gonjreng pada gitar. Jika anda belum menguasai hal itu anda hanya akan memperlama masa kursus dengan guru pembimbing anda yang akan menghabiskan uang.
Selain belajar dengan pengajar privat, untuk menghemat biaya anda bisa belajar pada teman, saudara atau tetangga yang anda kenal baik dan bisa barmain gitar. Jika tidak ada yang bisa bermain gitar maka anda harus belajar otodidak alias belajar sendiri.
Yang diperlukan untuk belajar gitar dasar sendirian :
- Gitar apa saja boleh kopong dan boleh lisrik
- Buku atau majalah lagu-lagu yang ada kunci gitarnya beserta petunjuk kunci gitar
- Kaset, CD atau MP3 lagu yang ada di buku lagu
- Kemampuan stem atau menyetem gitar
Untuk memulai latihan anda harus menyetem gitar anda terlebih dahulu agar suara 6 senar gitarr bisa harmonis dan tepat. Jika tidak distem maka anda tidak akan bisa belajar, karena suaranya tidak mungkin pas. Untuk stem gitar anda bisa minta tolong orang lain atau stem sendiri dengan insting. Untuk masalah stem gitar anda bisa mencari buku panduan bermain gitar di toko buku.
Jika anda mau stem sendiri, maka caranya adalah dengan menyamakan fret ke 5 suatu senar dengan satu senar setingkat di bawahnya pada fret 0. Kecuali pada senar ketiga dari bawah yang barus distem pada fret ke 4 dengan fret 0 di senar kedua dari bawah. Anda harus menggunakan filing anda apakah suara suatu fret dengan fret di bawahnya sudah sama suaranya. Jika tidak sama putar-putar pengendali tegangan senar pada ujung gitar sampai pas.
Jika sudah OK, maka selanjutnya anda tinggal mencoba gonjreng pada kunci standar sampai jari anda anda terbiasa dengan posisi masing-masing kunci. Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sebisa mungkin berdasarkan filing anda.
Jika sudah bisa maka anda bisa mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya. Namun syaratnya adalah steman pada gitar anda sesuai dengan steman yang ada di kaset dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah juga benar sesuai dengan yang di kaset dan gitar anda.

Tips belajar drum untuk para pemula

Tips Belajar Drum Pemula !!!
Belajar Drum pemula sangat dianjurkan untuk belajar mulai dari teknik paling dasar. Setelah belajar drum pada tingkatan pemula diharapkan menjadi handal nantinya. Sekarang banyak juga yang melebelkan dirinya drumer proffesional namun tidak mengerti teknik dasar yang dipelajari drumer pemula. Oke langsung saja kita bahas tentang teknik dasar belajar drum pemula, dan kali ini saya akan memberikan sediki tilmu tentang rimshot.
Apa itu rimshot? mungkin istilah ini terdengar asing atau lupa-lupa ingat atau bahkan anda tidak pernah mendengar istilah rimshot bagi yang masih belajar drum pemula. Rimshot adalah pukulan stick drum yang posisi pukulan ujung stick menyentuh area bidang mika dan pada tengah stick menyentuh bagian pinggir yang terbuat dari aluminuim biasanya. Rimshot ini berfungsi intuk mendapatkat suara snare yang bagus dan tajam.
Rimshot biasanya digunakan untuk jenis musik beraliran rock atau fusion. Nah bingung? maka dari itu, dari awal sudah saya katakan belajar drum pemula haruslah mengerti dasarnya terlebih dahulu agak tidak kelabakan.
Nah sepertinya dari sini anda sudah mulai bingung, baiklah akan saya berikan tips Belajar drum pemula mulai dari tingkatan paling paling bawah, yakni cara memegang stick yang benar.
Biasanya ada 2 cara memagang drum yakni sepeti memagang sendok ata memegang palu. Untuk pegangan seperti sendok ini untuk melakukan pukulan secara lembut dan untuk memagang seperti palu adalah melakukan pukulan yang sangat keras. Nah coba saya kasih pertanyaan, jika anda melakukan rimshot maka cara memegang stick yang mana yang mungkin dilakukan untuk melakun pukulan rimshot? Jawabanya adalah keduanya bisa saja dilakukan, namun untuk memagang stick seperti sendok akan sulit menekuk tangan agar posisi stick datar, tapi kalau anda bisa ya silahkan itulah sedkit cara belajar drum pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar